RPP BHS ARAB KELAS XI   Leave a comment

RPP Bahasa Arab kelas XI MA Al Hidayah Karangharjo Silo Jember semester Genap

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (1)

 

 

Mata Pelajaran            :   Bahasa Arab

Satuan Pendidikan      :   Madrasah Aliyah AL HIDAYAH

Kelas/Semester            :    XI / Genap

Alokasi Waktu            :   6 x 45 menit  (3 pertemuan)

  1. A. Kompetensi Dasar
  2. 1. Menyimak
    1. Mengidentifikasi kata, frasa atau kalimat dalam suatu konteks secara tepat tentang fasilitas umum dengan struktur kalimat yang benar
    2. Menangkap makna dan gagasan atau ide dari wacana lisan secara  tepat tentang fasilitas umum dengan struktur kalimat yang benar

 

  1. 2. Berbicara
  2. Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat tentang fasilitas umum dengan struktur kalimat yang benar
  3. Melakukan dialog  sesuai konteks dengan tepat dan lancar tentang fasilitas umum dengan struktur kalimat yang benar

 

B.   Indikator Pencapaian Hasil Belajar

1. Menyimak

  1. Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat tentang  فى المكتبة
  2. Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat tentang  فى المكتبة
  3. Mendengarkan wacana lisan tentang  فى المكتبة

 

2. Berbicara

  1. Mengulangi/menirukan ujaran(kata/frasa/kalimat)
  2. Menjawab secara lisan mengenai isi wacana dengan tepat tentang فى الدكان
  3. Menceritakan kembali isi wacana secara berpasangan tentang فى الدكان
  4. Bercerita sesuai tema tentang فى الدكان

 

C.   Sumber dan Materi Pembelajaran

1.Buku paket pelajaran bhs. Arab

2.al Arabiyah Bayna Yadaik

3.MP3

4.Qawaidul Lughah al Arabiyah

5.Kamus

6.Multimedia

7.Lab. Bhs

 

  1. D. Pelaksanaan Pembelajaran
  2. Tema: فى المكتبة (3 JP untuk kemahiran menyimak)
  3. Mendengarkan wacana lisan menggunakan berbagai media.
  4. Menyebutkan kata-kata yang didengar
  5. Mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
  6. Menuliskan beberapa kata yang didengar dengan bantuan guru
  7. Menentukan benar atau salah ujaran yang di dengar
  8. Siswa menjawab pertanyaan guru untuk evaluasi akhir

 

  1. Tema: فى الدكان (2 JP untuk kemahiran berbicara)
    1. Mendengarkan wacana lisan
    2. Mengulangi/menirukan ujaran(kata/frasa/kalimat)
    3. Menjawab secara lisan mengenai isi wacana dengan tepat
    4. Menceritakan kembali isi wacana secara berpasangan
    5. Bercerita sesuai tema
    6. Siswa menjawab pertanyaan guru untuk evaluasi akhir

 

  1. Kegiatan review (1 JP)
    1. Siswa mengikuti permainan minimal 20 kosakata dan kalimat sederhana
    2. Guru mencatat kemampuan siswa dalam memahami kosakata dan kalimat sederhana

 

E. Materi Pembelajaran

 

Pert.

Ke

Tema Kosakata Pokok Kosakata Tambahan
V N Ungkpn V N Prep Ukp
1-3 Mendengar

فى المكتبة

يريد، يفضل الكتاب, الرف,  الدفتر, غرفة القراءة,  موظف المكتبة, أي معجم تريد؟, هل تريد شيئا آخر؟   المعمل, القاموس، الخريطة أهلا وسهلا ؟

هل…؟ لا، وشكرا

 
4-5 Berbicara

فى الدكان

يشترى، يبيع القميص, الدينار, البيع, الشراء, أي خدمة؟  بكم القميص؟     تفضل  
6 R E V I E W  pertemuan 1,2, 3, 4 dan 5

Pert.

Ke

Struktur Pendekatan/Metode Media
 

1-3

 

الجملة الفعلية CTL dengan metode sam’iyyah syafawiyyah Kartu kosakata

 

4-5

 

الجملة الفعلية Communicative Drill , Kartu kosakata

 

6 R E V I E W  pertemuan 1,2, 3, 4 dan 5

E.   Penilaian

1.  Proses

a. Performance (terlampir)

b. Portofolio (mengumpulkan gambar berkaitan dengan fasilitas umum pada kertas karton warna yang dibalknya ditulis nama benda dalam bahasa Arab)

 

2.  Akhir

Test lisan (terlampir)

 

 

Jember, ……… Juli 2010

 

 

 

 

 

 

 

 

Jember, ……… Juli 2010

Mengetahui

Kepala Madrasah,                                                    Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

H.M. GHAFUR IG, S.Ag                                      ABDUL HALIM, S.Pd.I


LAMPIRAN

  1. 1. Format Penilaian Unjuk Kerja

Nama Observer     : ……………………………..

Tanggal                 : ……………………………..

 

  1. Menyimak
No Nama Kriteria Dan Skala Penskoran Skor
Mengidentifikasi tema Menemukan informasi tersurat Menemukan pesan Menceritakan kembali isi wacana
1-15 1-20 1-30 1-35 100
             

  1. Berbicara
No Nama Kriteria Skor
Ketepatan kata/ungkapan Kelancaran Ketepatan Intonasi Kontekstual
25 25 20 30 100
             

  1. Membaca
No Nama Kriteria Skor
Ketepatan/

Kelancaran

Menemukan informasi tersurat Menemukan ide pokok Menemukan pesan
20 25 25 30 100
             
         
         

  1. Menulis
No Nama Kriteria Skor
Ketepatan Tulisan Keindahan Ketepatan kaidah Pengembangan ide
20 20 30 30 100
             

Keterangan Prosentase

A = 91-100 = Istimewa

B = 81- 90  = Baik sekali

C = 71- 80  =  Baik

D = 61 -70  = Cukup

E = kurang dari 61 = kurang

  1. 2. Test akhir

Secara lisan, siswa menampilkan dialog sederhana sebagaimana contoh berikut:

+ أهلا وسهلا

- أريد معجما من فضلك.

+ أي معجم تريد؟

- أريد المعجم العربي

+ تفضل المعجم العربي، وماذا تريد أيضا؟

- أريد كتاب القراءة وكتاب القواعد

+ هذا كتاب القراءة وهذا كتاب القواعد. هل تريد شيئا آخر؟

- لا، وشكرا

+ المطلوب ثلاثون ريالا

- تفضل، هذه ثلاثون ريالا


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (2)

 

 

Mata Pelajaran            :   Bahasa Arab

Satuan Pendidikan      :   Madrasah Aliyah AL HIDAYAH

Kelas/Semester            :   XI / Genap

Alokasi Waktu            :   9 x 45 menit  (9 pertemuan)

  1. A. Kompetensi Dasar
  2. 1. Membaca
  3. membaca nyaring  kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis dengan  tepat tentang fasilitas umum
  4. Mengidentifikasi  tema wacana dengan  tepat tentang fasilitas umum
  5. Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis tentang fasilitas umum secara tepat tentang fasilitas umum

 

  1. 2. Menulis
  2. Menulis kata, frasa,dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat  tentang fasilitas umum
  3. Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat  dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar tentang fasilitas umum

 

  1. B. Indikator Pencapaian Hasil Belajar

1. Membaca

  1. Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat tentang فى الدكان
  2. Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat tentang فى الدكان
  3. Mendengarkan wacana lisan tentang فى الدكان
  4. Mengulangi/menirukan ujaran(kata/frasa/kalimat) tentang فى الدكان
  5. Menjawab secara lisan mengenai isi wacana dengan tepat tentang فى الدكان
  6. Menceritakan kembali isi wacana secara berpasangan tentang فى الدكان
  7. Bercerita sesuai tema tentang فى الدكان

 

2. Menulis

  1. Menulis kalimat dengan khat naskhi tentang في السوق
  2. Menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didektekan oleh guru tentang في السوق
  3. Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat tentang في السوق
  4. Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana tentang في السوق dengan menggunakan kaidah الجملة الفعلية

 

C.   Sumber dan Materi Pembelajaran

  1. Buku paket pelajaran bhs. Arab
  2. al Arabiyah Bayna Yadaik
  3. MP3
  4. Qawaidul Lughah al Arabiyah
  5. Kamus
  6. Multimedia
  7. Lab. Bhs

 

  1. D. Pelaksanaan Pembelajaran
  2. Tema: فى الدكان (3 JP  untuk kemahiran membaca)
    1. Siswa membentuk kelompok maksimal 4 orang menurut metode STAD
    2. Siswa menerima materi tertulis untuk didiskusikan oleh kelompoknya
    3. Kelompok menentukan seorang siswa untuk menjadi juru bicara untuk menjelaskan kepada kelompok lain dan seterusnya secara bergantian
    4. Diskusi kelas untuk menyimpulkan isi materi pembelajaran
    5. Siswa menjawab pertanyaan guru untuk evaluasi akhir

 

  1. Tema: فى السوق(2 JP untuk kemahiran menulis)
    1. Menyalin khat naskhi yang dicontohkan oleh guru
    2. Menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didiktekan guru
    3. Melengkapi wacana dengan kosa kata yang tersedia
    4. Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi sebuah paragraf
    5. Siswa menjawab pertanyaan guru untuk evaluasi akhir

 

  1. Kegiatan review
    1. Siswa mengikuti permainan minimal 20 kosakata dan kalimat sederhana
    2. Guru mencatat kemampuan siswa dalam memahami kosakata dan kalimat sederhana

 

E. Materi Pembelajaran

 

Pert.

Ke

Tema Kosakata Pokok Kosakata Tambahan
V N Ungkpn V N Prep Ukp
7-11 Membaca

فى

الدكان

يريد، يفضل الكتاب, الرف,  الدفتر, غرفة القراءة,  موظف المكتبة, أي معجم تريد؟, هل تريد شيئا آخر؟   المعمل, القاموس، الخريطة أهلا وسهلا ؟

هل…؟ لا، وشكرا

 
12-16 Menulis

فى السوق

يشترى، يبيع القميص, الدينار, البيع, الشراء, أي خدمة؟  بكم القميص؟     تفضل  
17 R E V I E W  pertemuan 7,8,9,10,11,12,13,14,15,16

Pert.

Ke

Struktur Pendekatan/Metode Media
7-11 الجملة الفعلية CTL dengan metode sam’iyyah syafawiyyah Kartu kosakata

 

12-16 الجملة الفعلية Communicative Drill , Kartu kosakata

 

17 R E V I E W  pertemuan 7,8,9,10,11,12,13,14,15,16

E.   Penilaian

1.  Proses

a. Performance (terlampir)

b. Portofolio (mengumpulkan tulisan dengan khat naskhi dari salah satu surat pendek dalam al Quran)

 

 

 

2.  Akhir

Test Tulis (terlampir)

 

 

Jember, …. Juli 2010

Mengetahui

Kepala Madrasah,                                                   Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

H.M. GHAFUR IG, S.Ag                                      ABDUL HALIM, S.Pd.I


LAMPIRAN

  1. 1. Format Penilaian Performance

Nama Observer     : ……………………………..

Tanggal                 : ……………………………..

 

  1. Menyimak
No Nama Kriteria Dan Skala Penskoran Skor
Mengidentifikasi tema Menemukan informasi tersurat Menemukan pesan Menceritakan kembali isi wacana
1-15 1-20 1-30 1-35 100
             

  1. Berbicara
No Nama Kriteria Skor
Ketepatan kata/ungkapan Kelancaran Ketepatan Intonasi Kontekstual
25 25 20 30 100
             

  1. Membaca
No Nama Kriteria Skor
Ketepatan/

Kelancaran

Menemukan informasi tersurat Menemukan ide pokok Menemukan pesan
20 25 25 30 100
             
         
         

  1. Menulis
No Nama Kriteria Skor
Ketepatan Tulisan Keindahan Ketepatan kaidah Pengembangan ide
20 20 30 30 100
             

Keterangan Prosentase

A = 91-100= Istimewa

B = 81- 90 = Baik sekali

C = 71- 80 =  Baik

D = 61 -70 = Cukup

E = kurang dari 61 = kurang

2. Tes Akhir

Siswa diminta membaca teks berikut dengan nyaring dan menjawab pertanyaan yang diajukan guru

 

أنا تلميذ إندونسي أدرس في احدى مدارس الرياض. في يوم أعلنت المدرسة عن رحلة إلى المنطعة الشرقية على الخليج العربي.

وفي يوم الرحلة وصل المشرفون والتلاميذ مبكرين إلى المدرسة. وكانت السيارة في الإنتظار

سارت بنا السيارة في طريق طويل وسط الصحراء. وفي طريقنا شاهدنا حقول الزيت وخطوط الأنابيب التي تنقل الزيت إلى المواني.

وصلنا الظهران بعد ست ساعات، وأقمنا في استراحة الطلاب بجامعة البترول والمعادن. وهي جامعة كبيرة جديثة
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (3)

 

 

Mata Pelajaran            :   Bahasa Arab

Satuan Pendidikan      :   Madrasah Aliyah AL HIDAYAH

Kelas/Semester            :   XI / Genap

Alokasi Waktu            :   6 x 45 menit  (3 pertemuan)

  1. A. Kompetensi Dasar
  2. 1. Menyimak
  3. Mengidentifikasi kata, frasa atau kalimat dalam suatu konteks secara tepat tentang Wisata dengan struktur kalimat yang benar
  4. Menangkap makna dan gagasan atau ide dari wacana lisan secara  tepat tentang Wisata dengan struktur kalimat yang benar

 

  1. 2. Berbicara
  2. Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat tentang wisata dengan struktur kalimat yang benar
  3. Melakukan dialog  sesuai konteks dengan tepat dan lancar tentang wisata dengan struktur kalimat yang benar

 

  1. B. Indikator Pencapaian Hasil Belajar

1. Menyimak

  1. Menentukan tema dari wacana lisan tentang في المدينة
  2. Menentukan ide pokok dari wacana lisan  tentang في المدينة.
  3. Mengungkapkan kembali informasi rinci dari wacana lisan tentang في المدينة.
  4. Mengidentifikasi kosa kata-kosa kata baru tentang في المدينة

 

2. Berbicara

  1. Mengajukan pertanyaan sesuai konteks tentang وقت الفراغ
  2. Menjawab pertanyaan sesuai konteks tentang وقت الفراغ
  3. Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks tentang وقت الفراغ
  4. Melakukan percakapan sesuai konteks

 

C.   Sumber dan Materi Pembelajaran

  1. Buku paket pelajaran bhs. Arab
  2. al Arabiyah Bayna Yadaik
  3. MP3
  4. Qawaidul Lughah al Arabiyah
  5. Kamus
  6. Multimedia
  7. Lab. Bhs

 

  1. E. Pelaksanaan Pembelajaran
  2. Tema: فى المدينة (4 JP untuk kemahiran menyimak)
    1. Mendengarkan wacana lisan menggunakan berbagai media.
    2. Menyebutkan kata-kata yang didengar
    3. Mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
    4. Menuliskan beberapa kata yang didengar dengan bantuan guru
    5. Menentukan benar atau salah ujaran yang di dengar
    6. Siswa menjawab pertanyaan guru untuk evaluasi akhir

 

  1. Tema: وقت الفراغ (4 JP untuk kemahiran berbicara)
    1. Mendengarkan wacana lisan
    2. Mengulangi/menirukan ujaran(kata/frasa/kalimat)
    3. Menjawab secara lisan mengenai isi wacana dengan tepat
    4. Menceritakan kembali isi wacana secara berpasangan
    5. Bercerita sesuai tema
    6. Siswa menjawab pertanyaan guru untuk evaluasi akhir

 

  1. Kegiatan review (1 JP)
    1. Siswa mengikuti permainan minimal 20 kosakata dan kalimat sederhana
    2. Guru mencatat kemampuan siswa dalam memahami kosakata dan kalimat sederhana

 

E. Materi Pembelajaran

 

Pert.

Ke

Tema Kosakata Pokok Kosakata Tambahan
V N Ungkpn V N Prep Ukp
18-20 Mendengar

فى المدينة

  (3) أنا, (4) أنت,  (5)أنت, (6)الغربية,  (7)الشرقية, (8)الوسطى, (9)الشمالية,(10) الجنوبية (1)السلام عليكم, وعليكم السلام ورحمة الله, (2)أهلا وسهلا, أهلا بك     ما سمك؟

من أين ..؟

 
21-22 Berbicara

وقت الفراغ

  (11)هذا, (12)هذه, (13)كتاب, (14)اللغة العربية, (15)هو, (16)هي, (17)تلميذ, (18)مدرس, (19)موظف, (20)خادم,       هل…؟ لا, نغم, السيد, يا أحمد..!  
23 R E V I E W  pertemuan 18,19,20,21,22

Pert.

Ke

Struktur Pendekatan/Metode Media
18-20 الجملة الفعلية Contextual teaching and Learning/ constructivisme,  questioning, inquiry, dan authentic assestment. Kartu kosakata

 

21-22 الجملة الفعلية Contextual teaching and Learning/ constructivisme,  questioning, inquiry, learning community, reflection, modeling, dan authentic assestment Kartu kosakata

 

23 R E V I E W  pertemuan 18,19,20,21,22

E.   Penilaian

1.  Proses

a. Penugasan (Siswa diminta membuat dialog sederhana tentang kegiatan penjual dan pembeli di pasar)

b. Performance (terlampir)

 

2.  Akhir

Test (terlampir)

 

 

 

 

 

Jember, ……… Juli 2010

Mengetahui

Kepala Madrasah,                                                   Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

H.M. GHAFUR IG, S.Ag                                      ABDUL HALIM, S.Pd.I


LAMPIRAN

  1. 1. Format Penilaian Performance

Nama Observer     : ……………………………..

Tanggal                 : ……………………………..

 

  1. Menyimak
No Nama Kriteria Dan Skala Penskoran Skor
Mengidentifikasi tema Menemukan informasi tersurat Menemukan pesan Menceritakan kembali isi wacana
1-15 1-20 1-30 1-35 100
             

  1. Berbicara
No Nama Kriteria Skor
Ketepatan kata/ungkapan Kelancaran Ketepatan Intonasi Kontekstual
25 25 20 30 100
             

  1. Membaca
No Nama Kriteria Skor
Ketepatan/

Kelancaran

Menemukan informasi tersurat Menemukan ide pokok Menemukan pesan
20 25 25 30 100
             
         
         

  1. Menulis
No Nama Kriteria Skor
Ketepatan Tulisan Keindahan Ketepatan kaidah Pengembangan ide
20 20 30 30 100
             

Keterangan Prosentase

A = 91-100= Istimewa

B = 81- 90 = Baik sekali

C = 71- 80 =  Baik

D = 61 -70 = Cukup

E = kurang dari 61 = kurang

  1. 2. Test akhir

Siswa diminta menampilkan dialog dari teks berikut!

+ تفضل، أي خدمة؟

- اريد قميصا لو سمحت

+ تفضل هنا، هذا قسم القمصان. وهذا قميص أبيض، وهذا أصفر وهذا أزرق، وهذا أحمر، وهذا أسود

- بكم القميص؟

+ القميص بعشرين دينارا

- أي قميص تريد؟

+ أريد القميص الأزرق

_ هذا هو القميص الأزرق

+ لدينا أثواب جميلة

- بكم الثوب؟

+ الثوب بثلاثين دينارا


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (4)

 

 

Mata Pelajaran            :   Bahasa Arab

Satuan Pendidikan      :   Madrasah Aliyah AL HIDAYAH

Kelas/Semester            :   XI / Genap

Alokasi Waktu            :   9 x 45 menit  (9 pertemuan)

  1. A. Kompetensi Dasar
  2. 1. Membaca
  3. membaca nyaring  kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis dengan  tepat tentang wisata dengan struktur kalimat yang benar
  4. Mengidentifikasi  tema wacana secara tepat  tentang wisata dengan struktur kalimat yang benar
  5. Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis tentang fasilitas umum secara tepat tentang wisata dengan struktur kalimat yang benar

 

  1. 2. Menulis
  2. Menulis kata, frasa,dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat tentang wisata dengan struktur kalimat yang benar
  3. Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat  dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar tentang wisata dengan struktur kalimat yang benar

 

  1. Indikator Pencapaian Hasil Belajar

1. Membaca

  1. Menentukan ide pokok dari wacana tulis tentang إلي خارج البلاد
  2. Menentukan informasi rinci dari wacana tulis tentang إلي خارج البلاد
  3. Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks  tentang إلي خارج البلاد
  4. Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis tentang إلي خارج البلاد
  5. Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb.
  6. Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis

2. Menulis

  1. Menulis kalimat dengan khat naskhi dari ayat al Quran
  2. Menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didektekan oleh guru
  3. Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
  4. Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana

 

C.   Sumber dan Materi Pembelajaran

  1. Buku paket pelajaran bhs. Arab
  2. al Arabiyah Bayna Yadaik
  3. MP3
  4. Qawaidul Lughah al Arabiyah
  5. Kamus
  6. Multimedia
  7. Lab. Bhs

 

  1. E. Pelaksanaan Pembelajaran
  2. Tema: إلي خارج البلاد ة (3 JP untuk kemahiran membaca)
    1. Siswa membentuk kelompok maksimal 4 orang menurut metode STAD
    2. Siswa menerima materi tertulis untuk didiskusikan oleh kelompoknya
    3. Kelompok menentukan seorang siswa untuk menjadi juru bicara untuk menjelaskan kepada kelompok lain dan seterusnya secara bergantian
    4. Diskusi kelas untuk menyimpulkan isi materi pembelajaran
    5. Siswa menjawab pertanyaan guru untuk evaluasi akhir

 

  1. Tema: فى الدكان (2 JP untuk kemahiran menulis)
    1. Menyalin khat naskhi yang dicontohkan oleh guru
    2. Menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didiktekan guru
    3. Melengkapi wacana dengan kosa kata yang tersedia
    4. Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi sebuah paragraf
    5. Siswa menjawab pertanyaan guru untuk evaluasi akhir

 

  1. Kegiatan review (1 JP)
    1. Siswa mengikuti permainan minimal 20 kosakata dan kalimat sederhana
    2. Guru mencatat kemampuan siswa dalam memahami kosakata dan kalimat sederhana

 

E. Materi Pembelajaran

 

Pert.

Ke

Tema Kosakata Pokok Kosakata Tambahan
V N Ungkpn V N Prep Ukp
24-27 Membaca

فى

المكتبة

  (3) أنا, (4) أنت,  (5)أنت, (6)الغربية,  (7)الشرقية, (8)الوسطى, (9)الشمالية,(10) الجنوبية (1)السلام عليكم, وعليكم السلام ورحمة الله, (2)أهلا وسهلا, أهلا بك     ما سمك؟

من أين ..؟

 
28-33 Menulis

فى الدكان

  (11)هذا, (12)هذه, (13)كتاب, (14)اللغة العربية, (15)هو, (16)هي, (17)تلميذ, (18)مدرس, (19)موظف, (20)خادم,       هل…؟ لا, نغم, السيد, يا أحمد..!  
34 R E V I E W  pertemuan 24,25,26,27,28,29,30,31,32,33

Pert.

Ke

Struktur Pendekatan/Metode Media
24-27 الجملة الفعلية Contextual teaching and Learning/ constructivisme,  questioning, inquiry, dan authentic assestment. Kartu kosakata

 

28-33 الجملة الفعلية Contextual teaching and Learning/ constructivisme,  questioning, inquiry, learning community, reflection, modeling, dan authentic assestment Kartu kosakata

 

34 R E V I E W  pertemuan 24,25,26,27,28,29,30,31,32,33

E.   Penilaian

1.  Proses

a. Performance (terlampir)

b. Hasil kerja (siswa diminta membuat khat naskhi dari al Hadits)

 

2.  Akhir

Test (terlampir)

 

 

Jember, ……… Juli 2010

Mengetahui

Kepala Madrasah,                                                   Guru Mata Pelajaran,

 

 

 

 

H.M. GHAFUR IG, S.Ag                                      ABDUL HALIM, S.Pd.I


LAMPIRAN

  1. 2. Format Penilaian Performance

Nama Observer     : ……………………………..

Tanggal                 : ……………………………..

 

  1. Menyimak
No Nama Kriteria Dan Skala Penskoran Skor
Mengidentifikasi tema Menemukan informasi tersurat Menemukan pesan Menceritakan kembali isi wacana
1-15 1-20 1-30 1-35 100
             

  1. Berbicara
No Nama Kriteria Skor
Ketepatan kata/ungkapan Kelancaran Ketepatan Intonasi Kontekstual
25 25 20 30 100
             

  1. Membaca
No Nama Kriteria Skor
Ketepatan/

Kelancaran

Menemukan informasi tersurat Menemukan ide pokok Menemukan pesan
20 25 25 30 100
             
         
         

  1. Menulis
No Nama Kriteria Skor
Ketepatan Tulisan Keindahan Ketepatan kaidah Pengembangan ide
20 20 30 30 100
             

Keterangan Prosentase

A = 91-100= Istimewa

B = 81- 90 = Baik sekali

C = 71- 80 =  Baik

D = 61 -70 = Cukup

E = kurang dari 61 = kurang

2. Tes Akhir

Siswa menulis teks berikut dengan tepat

 

قال الله تعالى: ولا تلقوا بأيديكم إلى التهلكة.

ولا تقتلوا أنفسكم إن الله كان بكم رحيما

About these ads

Posted Januari 29, 2011 by halimaldi in Uncategorized

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: